Home / Bisnis / Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Mudah Dan Cepat
Memulai-bisnis-online-untuk-pemula

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Mudah Dan Cepat

Memulai bisnis online dengan cara paling mudah dan cepat saat ini sudah sangat beragam jenisnya. Bagi yang sudah sekelas master tentu tidak perlu diragukan lagi karena mereka akan mempunyai strategi jitu serta akurat.

Lalu bagaimana dengan nasib para pemula yang masih baru memulai belajar bisnis online untuk mengadu nasib mencari keberuntungan atau hanya sekedar sebagai kerja sampingan.

Disinilah pokok pembahasan kali ini yang ditujukan khususnya bagi pendatang baru yang ingin turut serta meramaikan kancah bisnis dunia internet yang semakin mendominasi media informasi digital.

Belajar bisnis online untuk pemula

Strategi bisnis dengan menggunakan internet pada dasarnya tetap memiliki kesamaan dengan dunia bisnis offline serta beberapa jenis usaha kecil lainnya.

Disini juga akan penuh dengan persaingan yang luar biasa ketat bahkan tidak jarang juga saling menjatuhkan.

Namun, meskipun kamu masih terbilang seorang pemula, tidak perlu terlalu pesimis dan tetaplah yakin bahwa semua masih memiliki kesempatan yang sama.

“Mencari uang dari internet kadang tampak begitu mudah dan sangat menggiurkan”

Memang sangat mudah bagi yang sudah mengetahui strategi dan teknisnya.

Banyak dari para pebisnis online yang menghabiskan waktu bertahun tahun untuk mempelajari hingga dapat mencapai kesuksesan.

Dan tidak jarang pula dari mereka yang kandas ditengah perjalanan lantaran tidak pernah mendapatkan hasil yang di impikannya.

Maka dari itu untuk pemula yang masih baru memulai terjun dalam bisnis online, setidaknya dapat memahami apa saja yang perlu dipersiapkan serta merencanakannya dengan tepat.

Bisnis internet untuk pemilik modal yang minim

Sebagaimana sebuah bisnis offline, membidik peluang usaha yang menggunakan akses internet juga membutuhkan dana atau modal.

Modal yang diperlukan tergantung pula dari jenis bisnis apa yang akan dipilih.

Jika merencakanan bisnis online hanya sebagai kerja sampingan diluar aktifitas utama, maka ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh bahkan nyaris tanpa modal kecuali biaya akses internet serta perangkat seperti laptop dan gadget lainnya.

Dua jenis usaha online berikut ini cukup mudah dipelajari dan tetap berpeluang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

#1 Upload video unik di YouTube bisa mendapatkan uang

Sudahkah pernah mendengar atau membaca berita tentang kisah sukses seseorang yang mendapatkan uang dari YouTube.

Bukan hanya kalangan professional, bahkan ada beberapa dari masyarakat biasa, ada juga anak anak yang hanya gemar atau hoby mengupload file video di situs YouTube akhirnya bisa meraih keuntungan secara finansial.

Pada awalnya mereka banyak yang belum tahu juga jika hobynya itu bisa memberikan penghasilan.

Tapi setelah google meluncurkan program periklanan pada situs YouTube maka peluang untuk bisa memperoleh penghasilan dari internet telah terbuka lebar.

Populer dengan nama program google adsense yang mana pemiliki video bisa mendaftarkan videonya agar bisa di sisipi iklan oleh google dan selanjutnya dibayar oleh google.

Sepintas tampak sangat sederhana namun tetap harus mematuhi beberapa peraturan yang dibuat oleh google agar video kamu layak untuk di uangkan.

Syarat mengikuti program adsense YouTube

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis online tanpa modal alias gratisan dengan berbekal file video.

  • Membuat akun google GMAIL
  • Membuat saluran (Chanel) video di situs YouTube
  • Siapkan beberapa file video
  • Mendaftarkan ke Adsense

# Satu akun gmail untuk semua produk google

Ini adalah istimewanya memiliki akun email dari google yaitu gmail. Ibarat sebuah identitas yang akan dijadikan sarana mendaftar apapun yang berhubungan dengan produk milik rajanya internet di dunia ini.

Usahakan memakai nama asli serta alamat asli ketika melengkapi data pendaftaran akun gmail jika nantinya akan digunakan untuk mengikuti bisnis online.

# Membuat saluran (Chanel) di YouTube

Setelah akun gmail selesai dibuat serta sudah diverifikasi maka kamu sudah bisa masuk ke situs YouTube untuk membuat sebuah saluran.

Chanel ini adalah selayaknya sebuah folder yang mana akan digunakan sebagai tempat file video kamu disimpan.

Dari chanel inilah kamu bisa mengupload, edit ataupun menghapus file video yang kamu kehendaki.

# Mulai mengupload file Video

Persiapkan beberapa file video dengan format apa saja yang akan di letakkan pada chanel yang telah kamu buat.

Pilih video dengan durasi yang tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang sebagai tahap belajar terlebih dahulu.

File video bisa hasil dari rekaman kamera video professional, ataupun hasil rekaman dari smartphone kamu.

Jangan mengunggah video bajakan, ataupun yang mengandung unsur hak cipta seperti video klip music serta film.

Demikian juga dengan music yang terekam bersama video jangan sampai menggunakan file yang berlisensi. Lebih baik biarkan video kamu asli apa adanya dari hasil rekaman tanpa menyisipkan file lainnya.

Usahakan membuat video unik, lucu, dan yang tidak melanggar hukum.

Berikan judul yang menarik agar penonton penasaran ketika menemukan video kamu di YouTube sehingga membuat orang ingin melihatnya.

# Mendaftarkan pada program google adsense

3 langkah awal sudah terselesaikan dengan baik, selanjutnya adalah tahap paling penting untuk bisa memulai bisnis online ini dan merubah video tadi menjadi sumber uang.

Caranya adalah dengan memonetasi nya. Pada akun youtube kamu ada menu monetasi untuk memulai mendaftarkan chanel yang sudah kamu buat.

Kunci keberhasilan bisnis online dengan situs YouTube adalah kreatifitas untuk bisa membuat video yang populer sehingga mampu memperoleh banyak penonton.

Semakin banyak penonton yang menyaksikan video hasil karyamu, maka kesempatan mendapat uang dari iklan adsense akan mudah sekali diraih.

#2 Conten writer atau kontributor blog

Cara memulai bisnis online yang berikutnya adalah sebagai conten writer yaitu penulis artikel.

Kontributor blog juga masih serupa yang maksudnya adalah orang yang ikut berperan atau berkontribusi dalam membangun blog (website).

Selayaknya seorang jurnalis, conten  writer bekerja dengan menciptakan artikel yang berkualitas dan layak untuk dipublikasikan.

Seorang penulis artikel tidak harus memiliki blog atau web untuk mempublikasikan hasil karyanya.

Mereka bisa menjualnya kepada pemilik blog dengan ketentuan yang dibuat oleh admin mengenai materi apa yang ingin dipesan.

Untuk seorang kontributor biasanya adalah penulis yang secara sukarela memberikan tulisannya kepada pemilik web untuk dipublikasikan.

Kemudian jika artikel tersebut sangat berkualitas maka admin blog akan memberikan reward (hadiah) kepada kontributornya.

Oleh sebab itu kebanyakan seorang konten writer selalu mempromosikan karyanya dengan menjadi contributor terlebih dahulu sampai benar benar dikenal dan diketahui bahwa artikel ciptaannya sudah layak untuk dijual.

Jenis peluang bisnis seperti ini sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai belajar bisnis online.

Selain itu bisa juga dijadikan sebagai kerja sampingan untuk pelajar atau mahasiswa yang memiliki waktu luang setelah jam pelajaran atau kuliah.

Syarat artikel yang layak dijual

Jika kamu berminat dengan jenis bisnis online yang satu ini, perhatikan beberapa hal berikut agar tulisan yang kamu buat bisa memiliki nilai jual.

  • Penggunaan bahasa
  • Panjang artikel
  • Tidak melanggar hak cipta
  • Tidak melanggar ketentuan hukum

# Penggunaan bahasa yang baik dan benar

Seorang penulis professional akan mengutamakan pemakaian bahasa yang sempurna secara ejaan ataupun sususan kalimatnya.

Artikel yang ditulis dengan bahasa yang lugas akan menampakkan bobot dan mencerminkan bahwa penulisnya sudah cukup professional.

Demikian juga dengan artikel berbahasa inggris, sebaiknya penulis sudah menguasai grammar dan bukan sekedar artikel hasil dari mesin transalate.

# Panjang artikel yang di tulis

Pada intinya panjang atau pendeknya sebuah artikel tergantung dari materi yang akan di ulas.

Namun banyak dari admin blog yang memberikan standart bahwa artikel yang layak untuk dijual memiliki panjang minimal adalah 500 kata hingga maksimum tidak terbatas.

Artikel panjang yang dimaksud adalah bukan di panjang panjangkan yang justru tampak basa basi saja.

Minimal harus memberikan uraian yang detail atau rinci mengenai materi yang di angkat.

Jika memang tidak harus menjadi susunan kalimat yang terlalu panjang, dengan catatan konten tersebut sudah cukup jelas, dan poin nya dapat dipahami maka tidak perlu juga untuk ditulis terlalu panjang.

#Tidak melanggar hak cipta

Ini yang paling perlu diwaspadai dan sangat riskan terhadap timbulnya permasalahan dikemudian hari.

Seorang penulis artikel hendaknya memahami tentang hak cipta yaitu tidak menduplikasi ataupun menyalin tulisan orang lain secara utuh 100% sama persis.

Hal ini dapat menimbulkan masalah jika pemilik artikel yang asli melaporkan tentang pelanggaran hak cipta.

Menciptakan tulisan asli dari ide dan gagasan sendiri serta menggunakan susunan kalimat yang berbeda dari sumber aslinya jika memang ide tersebut berasal dari sumber lain akan lebih aman dan layak untuk dipublikasikan.

# Tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku

Apapun bentuk usahanya baik bisnis online ataupun offline tetap harus mengutamakan jalur yang tidak berindikasi menimbulkan pelanggaran terhadap undang undang hukum.

Penulis artikel wajib memahami apa saja bentuk konten yang bisa memicu pelanggaran hukum di negara ini.

Selain itu artikel yang dibuat sebaiknya juga tidak memicu hal hal yang bersifat kontroversi, isu, kebohongan ataupun unsur profokasi.

Berapa harga artikel yang berkualitas baik

Saat ini sudah banyak sekali jasa penulis artikel yang menawarkan harga murah karena tingkat persaingan yang semakin ketat.

Mengingat peluang bisnis online yang satu ini juga sangat menjanjikan penghasilan, maka tidak heran semakin hari bermunculan conten writer baru yang mempromosikan karyanya dengan berkontribusi di blog blog yang mulai populer.

Akan tetapi mereka yang masih dalam tahap belajar, biasanya kualitas tulisannya masih tergolong umum, artinya belum bisa menerapkan kaidah kaidah yang sesuai dengan keperluan blog atau web untuk bersaing di google.

Maka tidak heran jika jasa penulis artikel yang baru baru selalu menawarkan harga yang murah yaitu antara 5 ribu hingga 10 ribu rupiah per artikel.

Lain halnya dengan jasa penulis artikel yang professional, biasanya mereka paham betul jenis tulisan apa yang memiliki nilai jual tinggi dan mengangkatnya sebagai materi konten yang dibuat seperti:

  • Info Asuransi
  • Artikel kesehatan
  • Keuangan
  • Bisnis Online
  • Property

Untuk jenis artikel tersebut bisa dihargai sampai 20 ribu rupiah per artikel dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Sedangkan bagi yang mampu menulisanya dengan memakai bahasa Inggris, maka harga per artikel bisa mencapai hingga 30 ribu rupiah.

Sebuah nilai jual yang cukup fantastis bukan?

Coba saja jika kamu sudah cukup mumpuni untuk membuat artikel kualitas baik sampai 10 konten setiap harinya, penghasilan yang sangat menggiurkan tentunya.

Memulai bisnis online dari hal yang paling mudah dan cocok untuk seorang pemula ini adalah konsep yang paling sederhana dibandingkan dengan jenis bisnis online lain yang masih banyak ragamnya untuk dipelajari lebih jauh.

Artikel Menarik

Usaha Kecil Bidang Kuliner

Jenis Bisnis UKM Kuliner Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM adalah salah satu jenis usaha kecil menjanjikan dan cukup memiliki prospek keuntungan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *