Home / Bisnis / Memulai Bisnis dan Usaha Dengan Modal Kecil 1 Jutaan Untuk Pemula
Membuka usaha dengan modal kecil 1 jutaan

Memulai Bisnis dan Usaha Dengan Modal Kecil 1 Jutaan Untuk Pemula

Cara memulai bisnis dan menjalankan usaha hanya dengan modal kecil 1 jutaan yang paling menjanjikan dan cocok untuk pemula sebenarnya masih sangat banyak peluangnya.

Menjadi pemiliki dari usaha atau bisnis yang ingin dijalankan adalah imipian pada sebagian besar orang yang tidak ingin selamanya menjadi karyawan yang sangat terikat waktu.

Adanya hambatan dalam ketersediaan modal banyak dialami sehingga keinginan tersebut akhirnya tidak bisa diwujudkan. Modal memang merupakan faktor utama yang harus tersedia, namun ada pendukung lain yang bisa digunakan yaitu tenaga dan pikiran yang kreatif serta ulet.

6 Contoh peluang usaha dan bisnis modal kecil bagi pemula

Disini akan kita bahas hanya dengan modal yang semua orang pasti punya yaitu cukup Rp 1 juta sudah bisa membuka usaha sendiri. Peluang apa sajakah itu?

1. Usaha kuliner kecil kecilan

Wisata Kuliner Kota Bandung

Anda memiliki kemampuan dalam membuat camilan maupun masakan dengan cita rasa yang tinggi disamping unik dalam penyajian maupun rasa. Nah, perlu dicoba untuk membuka usaha kuliner ini. Dengan membuka kedai, warung, gerobak atau bahkan bisa dijual secara online tentunya dengan dikemas secara higienis dan menarik.

Usaha ini bisa dalam bentuk musiman, dibuka secara harian, atau berdasar adanya pesanan.

Misalkan ketika menjelang lebaran atau hari besar lainnya bisa membuka jasa pembuatan kue atau camilan khas lainnya.

Jika memiliki ketrampilan memasak dengan berbagai macam atau satu macam saja bisa membuka kedai atau warung.

Anda merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki komunitas di lingkungan bisa membuka usaha membuat keripik, camilan kecil lainnya maupun membuka usaha catering dengan uang muka 50% di muka. Semua ini membutuhkan modal di bawah 1 juta dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

2. Bisnis online tanpa modal

Kerja-Part-Time-Pelajar-Mahasiswa

Bisnis ini banyak macamnya dan hanya memerlukan gadget dan harus dilengkapi kuota internet agar bisa melakukan kegiatan secara online.

Banyak hal yang bisa kita dilakukan disini, selain menjadi dropshipper yang hanya mencari konsumen dan barang dari supplier, menjual barang yang bisa diproduksi sendiri, atau memasang jasa di marketplace di dunia maya.

Barang yang ingin kita jual bisa juga dari toko lain ketika kita sedang jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri yang pasti harus ijin terlebih dahulu dan simpan kontak toko agar jika ada konsumen yang menginginkan barang tersebut langsung kita proses.

Jika anda ingin berbisnis dalam penjualan berupa barang bisa menggunakan media seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan masih banyak lagi media yang sekarang bisa kita gunakan untuk berjualan tinggal upload dan berikan keterangan mengenai detail barang, harga serta stok yang dimiliki.

Dan yang paling penting adalah bagaimana cara produk yang kita jual laris manis. Selain itu kita juga harus selalu memperhatikan kualitas dari barang yang kita jual serta service yang baik agar konsumen selalu puas dengan layanan kita.

Baca juga artikel tentang peluang bisnis dengan menggunakan sosial media serta ulasan lainnya mengenai cara memulai bisnis online paling mudah untuk pemula.

3. Affiliate

Apa itu affiliate? Afiliate adalah jenis bisnis yang menjualkan produk orang lain dengan harga yang sudah ditentukan oleh produsen. Apabila produk laku terjual anda akan mendapatkan komisi yang sudah ditentukan dari awal.

Bisnis ini bisa dilakukan secara online maupun offline dan bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar bahkan bisa dibawah 700 ribu. Dalam menjalankan usaha ini diperlukan ketrampilan khusus dalam bidang pemasaran produk.

Contoh dari bisnis ini adalah Lazada yang merupakan toko online terbesar. Nah ini merupakan Amazonnya Indonesia. Ingin lebih tau produk apa saja yang merupakan affiliate bisa langsung cari di google.

4. Binis jualan pulsa

Memulai untuk jualan pulsa hanya membutuhkan modal awal 300 ribu, 2 ratus ribu untuk membeli hp dan 100 ribu untuk membeli saldo pulsa awal, kalau tidak percaya silahkan coba aja.

Untuk minimal pemesanan saldo tidak sampai ratusan ribu, minimal 50 ribu sudah bisa menjalankan usaha menjual pulsa. Dan bisnis ini selalu repeat order (pemesanan berulang) karena banyak orang memakai gadget dan di saat tertentu bisa secara mendadak butuh untuk isi ulang.

Memang untuk keuntungan terbilang kecil, tapi kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari penjualan aksesoris maupun HP yang bisa kita beli dari Tokopedia. Bukalapak maupun toko online lainnya.

5. MLM (Multi Level Marketting)

Usaha MLM sudah ada sejak lama dan produk yang dipasarkan ada yang hasil buatan dalam maupun luar negeri.

Modal yang dibutuhkan tidak besar, biasanya hanya dibutuhkan puluhan ribu sebagai member dan membeli paket sebagai syarat tambahannya.

Menjalankan bisnis ini sangatlah mudah dan tidak terikat waktu, hanya dibutuhkan ketekunan, keuletan, kerja keras setiap waktu serta kemampuan memasarkan produk untuk bisa menjadi sukses dan selalu naik level.

Multi Level Marketting tidak selamanya jelek seperti penilaian kebanyakan orang. Produk yang mereka tawarkan umumnya bagus dan sudah tersertifikasi. Jika ada nilai kurang baik diakibatkan dari pelaku pemasarannya sendiri.

Pada awal memulai keuntungan yang didapat tidaklah besar, namun untuk jangka panjang keuntungannya luamayan cukup banyak dan lebih untuk rata-rata kehidupan masyarakat menengah di Indonesia.

Contoh dari provider MLM terkenal adalah Tianshi, Sophie Martin, Oriflame, Morinda Herbalife dan Melilea.

6. Membuat kerajinan dan benda seni

Bisnis yang satu ini memang dirasa cukup berbeda dari yang sudah disebutkan di atas, disini kita membuat suatu barang yang real. Contoh usaha membuat kerajinan adalah : gantungan kunci, membuat medali, piala, dan kerajianan tangan lain yang berpotensi bisa dijual dimasyarakat.

Demikianlah contoh usaha yang bisa Anda mulai dengan modal di bawah 1 juta dan dapat digunakan sebagai inspirasi untuk dikembangkan lebih lanjut. Kenali kemampuan diri dan jalankan agar Anda bisa meningkatkan keuangan.

Artikel Menarik

Usaha Kecil Bidang Kuliner

Jenis Bisnis UKM Kuliner Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM adalah salah satu jenis usaha kecil menjanjikan dan cukup memiliki prospek keuntungan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *