Home / Bisnis / Kerja Sampingan Yang Menjanjikan Penghasilan Dan Keuntungan
Kerja-sampingan-paling-mudah

Kerja Sampingan Yang Menjanjikan Penghasilan Dan Keuntungan

Ide mendapatkan kerja sampingan yang paling mudah dan menjanjikan keuntungan besar sudah tentu di harapkan oleh banyak orang untuk mengisi waktu luang setelah melakukan pekerjaan utamanya.

Sangat banyak ragam peluang kerja paruh waktu yang bisa dipilih dan pastinya harus disesuaikan dengan kemampuan, situasi serta kondisi yang memadai.

Jenis pekerjaan seperti ini karena dilakukan diluar jam aktifitas utama, maka terkadang memang agak sulit untuk menemukan bidang yang paling cocok dengan yang diharapkan.

Kerja sampingan paling banyak diminati oleh pelajar dan mahasiswa untuk menambah pengalaman serta menyalurkan kegiatan yang positif disela sela jadwal pelajaran atau kuliah.

Akan tetapi tidak jarang pula aktifitas kerja paruh waktu ini juga diburu oleh para karyawan, pegawai, bahkan untuk ibu ibu rumah tangga.

Contoh peluang usaha dan kerja sampingan dengan modal kecil

Banyak sekali contoh jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan sebagai sarana menambah penghasilan dan ini akan di kelompokkan menjadi beberapa macam diantaranya:

  • Untuk para pelajar dan mahasiswa
  • Untuk ibu ibu rumah tangga
  • Untuk karyawan kantor atau perusahaan

Kerja paruh waktu untuk pelajar dan mahasiswa

Kerja Sampingan Untuk Pelajar Mahasiswa

Aktifitas kuliah dan belajar sudah tentu sangat padat setiap harinya, sementara kebutuhan hidup juga akan terus berjalan.

Untuk itu banyak dari mereka yang ingin menambah sumber pendapatan dengan berusaha menciptakan sebuah peluang usaha sampingan yang dapat dilakukan disela sela waktu belajarnya.

Ada 2 jenis usaha kecil yang bisa dipilih khususnya untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Bisnis offline dan bisnis online adalah dua kategori yang keduanya memiliki target market masing masing dan sama sama berpeluang bisa menghasilkan keuntungan secara finansial.

Bisnis online yang cocok untuk menambah penghasilan

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa saat ini bagi kalangan pelajar ataupun mahasiswa sudah sangat akrab dengan internet.

Maka peluang bisnis dengan memanfaatkan koneksi internet adalah salah satu jenis usaha sampingan yang paling tepat dan sangat menjanjikan.

Bahkan tidak jarang justru dengan menekuni bisnis online ini sudah banyak dari mereka yang sukses meraih penghasilan begitu fantastis.

“Bisnis online adalah cara mendapatkan uang dari internet”

Berikut adalah beberapa model aktifitas online yang berpotensi bisa memberikan penghasilan dan keuntungan.

#1 YouTuber

Jangan anggap remeh aktifitas para pemain YouTube yang hanya gemar upload video bahkan hanya dengan modal sebuah smartphone.

Jika kamu memiliki video yang unik dan bisa memperoleh banyak penonton, maka inilah potensi yang bisa dikonversi menjadi sumber penghasilan uang dari internet.

Dengan mendaftarkan video kamu yang sudah terkenal pada sebuah program periklanan milik google, maka peluang untuk memperoleh sumber pendapatan dari kerja sampingan ini sudah menanti didepan mata.

#2 Blogger

Yang kedua ini adalah bentuk bisnis online yang paling populer di dunia internet dan paling banyak dilakukan oleh para internet marketing.

Mulai dari yang menggunakan fasilitas gratisan milik situs besar seperti google sampai yang berbayar, seorang blogger bisa di ibaratkan memiliki sebuah media sendiri.

Mereka membangun sebuah website hanya untuk menulis pengalaman pribadi atau memang untuk tujuan bisnis.

Banyak peluang bisnis yang bisa dimulai dari sebuah web diantaranya adalah:

  • Toko Online seperti Bukalapak.com, Lazada, atau OLX
  • Yaitu menjadi reseler sebuah produk milik orang lain yang kita pasarkan melalui web yang kita bangun.
  • Periklanan. Ini adalah yang paling mudah karena jika web kita ramai memperoleh pengunjung karena kualitas artikel yang sangat baik, maka akan mudah dijadikan media iklan bagi para pengiklan yang ingin menampilkan produknya di web kita.

Peluang bisnis sampingan sambil belajar dan kuliah

Setelah 2 contoh jenis bisnis online diatas yang paling cocok dicoba sebagai kerja part time untuk pelajar dan mahasiswa, maka tidak ada salahnya juga jika mencoba beberapa ide usaha sampingan berikut ini.

#1 Penulis lepas

Jenis peluang bisnis ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan aktifitas online.

Akan tetapi tidak sebagai pelaku bisnis internetnya secara langsung, namun lebih berperan melakukan pekerjaan dibelakang layar.

Menjadi seorang penulis lepas dan bekerja untuk seorang blogger artinya kamu membuat sebuah karya jurnalistik yang kemudian di jual untuk dipublikasikan.

Sudah banyak para blogger yang tergantung dari jasa seorang penulis artikel untuk mengisi konten websitenya.

Tentunya dengan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemilik web mengenai jenis artikel beserta apa saja yang tidak boleh ditulis.

Untuk saat ini harga satu buah artikel dengan kualitas baik, unik, tidak copy paste sepanjang antara 500 hingga 1000 kata bisa dihargai sampai Rp 15,000 untuk konten berbahasa Indonesia.

Sedangkan jika kamu bisa menulis artikel dengan menggunakan bahasa Inggris harga yang bisa di tawarkan dapat mencapai Rp 25,000 per artikel.

Sudah terbayang bukan, berapa penghasilan yang akan kamu dapat jika dalam sehari kamu bisa menjual minimal 5 artikel.

Dan ini bisa dikerjakan disela sela jam belajar atau kuliah sebagai salah satu peluang kerja sampingan yang dapat memberikan penghasilan.

#2 Bimbingan belajar

Sebagai seorang pelajar dan juga mahasiswa, sudah tentu cukup memiliki bekal dibidang pendidikan.

Inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis sampingan yang menjanjikan dan juga bisa memberikan penghasilan.

Menerima bimbingan belajar untuk siswa siswi sekolah dasar meskipun hanya sebatas dari warga lingkungan sekitar tentu tidak ada buruknya untuk dicoba.

Jangan terburu buru menentukan tarif yang membuat orang enggan untuk membawa anaknya belajar atau kursus privat menggunakan jasamu.

Lakukan dulu yang terbaik sampai terbukti bahwa anak anak mereka memiliki peningkatan presatasi belajarnya.

Gunakan metode pengajaran yang lebih mudah diterima oleh siswa sekolah dasar sesuai dengan kemampuan mereka.

Jika masyarakat atau tetangga sekitar sudah memiliki kepercayaan akan kualitas bimbingan belajar yang kamu berikan, niscaya keuntungan dan penghasilan akan mengalir dengan sendirinya.

Usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga

Kerja-Sampingan-Ibu-Rumah-Tangga

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu dirumah setelah selesai aktifitas mengurus anak dan suami, mungkin ada beberapa yang ingin memanfaatkan waktu luangnya untuk menambah penghasilan dengan kerja sampingan.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda tak bisa hasilkan pundi-pundi uang. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang tambahan dengan memulai bisnis sampingan bermodal minim.

Beberapa pekerjaan ini tentunya bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga sebagai kerja part time dan berpeluang bisa menghasilkan uang.

#1 Bisnis makanan (kuliner)

Memiliki keahlian memasak yang sudah di uji oleh anggota keluarga serta di akui kelezatannya maka ini adalah kesempatan yang jangan di sia siakan.

Tak hanya makanan berat, bisa juga berjualan kue kering atau camilan lainnya.

Tentunya selain keahlian memasak, untuk menjalankan bisnis ini juga harus memiliki keahlian berdagang agar produk yang dijual laris manis.

#2 Menerima penitipan anak

Banyaknya orang tua yang bekerja tetapi memutuskan untuk tidak menggunakan baby sitter membuat mereka memilih penitipan anak sebagai sarana yang tepat untuk working parents.

Bisnis ini memang sedang berkembang saat ini. Para orang tua lebih memilih day care karena selain diasuh, anak-anak akan mendapat pelajaran kepribadian dasar seperti cara menyikat gigi, makan yang benar, dan lain-lain.

Bisnis ini memiliki jangka waktu yang panjang karena sekali kamu mendapat kepercayaan dari orang tua sang anak, mereka akan memutuskan untuk menitipkan anaknya lebih lama.

Dalam bisnis ini kamu membutuhkan tenaga yang kompeten, bukan hanya tenaga yang memahami tentang kebutuhan anak tetapi juga yang mampu memberikan pendidikan pada anak.

#3 Membuka jasa laundry

Dengan tingkat kesibukan masyarakat yang semakin padat, maka kegiatan mencuci pakaian saja seringkali sudah tidak sempat.

Untuk itu peluang usaha laundry sangat cocok untuk ibu ibu rumah tangga karena pekerjaan ini bisa dikerjakan dirumah tanpa harus memiliki ruko ataupun lokasi yang terlalu khusus.

Jika tinggal di sekitar area kampus dan lingkungan kos pelajar dan mahasiswa justru merupakan spot yang sangat strategis untuk membuka jasa laundry.

Yang paling perlu diperhatikan adalah ketersediaan daya listrik yang mencukupi untuk operasional mesin cuci dan setrika.

Kemudian ketersediaan supply air bersih yang lancar setiap harinya karena ini merupakan kebutuhan utama dalam menjalankan bisnis laundry.

Artikel Menarik

Usaha Kecil Bidang Kuliner

Jenis Bisnis UKM Kuliner Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM adalah salah satu jenis usaha kecil menjanjikan dan cukup memiliki prospek keuntungan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *