Home / Intermezzo / Manajemen Paud: Sinkronisasi atau Hasil Pengiriman Dapodik Paudni Dikmas
Manajemen paud cek hasil sinkronisasi dapodik paudni

Manajemen Paud: Sinkronisasi atau Hasil Pengiriman Dapodik Paudni Dikmas

Mengenai pengertian manajemen paud serta cara memeriksa hasil pengiriman atau sinkronisasi data aplikasi dapodik paudni dikmas akan kita ulas kali ini secara lengkap tahap demi tahap.

Sebenarnya progress data dari hasil sinkronisasi aplikasi Paud Dikmas ini sudah sangat mudah dilakukan karena saat ini telah tersedia aplikasi online yang bisa di akses langsung melalui laman resminya di http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas dan mendapatkan pendidikan terbaik, untuk itulash saat ini banyak sekali kita lihat lembaga pendidikan yang menerima anak usia dini. Misalnya TK, TPA, Kelompok Bermain, dan lain sebagainya.

Pengertian manajemen PAUD berserta penerapan aplikasinya

PAUD adalah sebuah jenjang pendidikan yang dilaksanakan sebelum pendidikan dasar atau lebih mudah di tegaskan dengan pengertian pendidikan untuk anak hingga umur enam tahun.

Tujuan utama adanya PAUD ialah untuk membentuk generasi yang memiliki enam pertumbuhan dan perkembangan meliputi moral, agama, perkembangan fisik, kecerdasan kognitif, sosio emosional, serta bahasa dan komunikasi.

Dengan kata lain adalah untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan mental belajar di sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Disini juga memiliki ruang lingkup pendidikan yang di klasifikasikan berdasarkan tingkat umur yaitu:

  • Infant (0-1 tahun)
  • Toddler (2-3 tahun)
  • Preschool atau kindergarten children (3-6 tahun)
  • Early primary school (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)

Kemudian untuk lembaga yang menjalankan pendidikan PAUD terdiri mulai TK, KB, RA, BA, TPA, dan SPS.

Aplikasi manajemen PAUD dan cara cek hasil pengiriman dan sinkronisasi dapodik paud dikmas

 http app paud dikmas kemdikbud go id dapodikmas
http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Aplikasi PAUD ini dapat mengolah data serta mampu untuk melakukan sinkronisasi secara menyeluruh se Indonesia.

Tahap tahap menggunakan aplikasi manajemen paud ini pertama adalah bahwa setiap lembaga yang termasuk dalam PAUD harus mendaftarkannya secara online.

Setelah memperoleh username dan password maka lembaga paud dapat menggunakan aplikasi dengan memasukan data yang diminta.

Selanjutnya data yang sudah terdaftar tersebut harap selalu dilakukan sinkronisasi pada setiap semesternya supaya tetap mengikuti yang terbaru alias update sehingga dapat digunakan secara optimal.

  • Silahkan buka http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id
  • Klik pada menu “Daftar Pengiriman” yang terdapat di sidebar kiri
  • Selanjutnya silahkan masukkan: Rentang Waktu, Kata kunci/NPSN, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Status sesuai data sekolah yang hendak di cek
  • Terakhir klik tombol “Tampilkan”
  • Jika data sekolah tidak muncul padahal sudah sinkron aplikasi Dapodik Paudnya, coba ulangi lagi paling tidak 1×24 karena biasanya server memerlukan waktu untuk update data terbaru
  • Jika aplikasi Manajemen Paud diatas sulit/tidak bisa dibuka, silahkan cek kembali pada waktu diluar jam sibuk.

Untuk melakukan sinkronisasi dapat di lakukan dengan dua metode yang pertama ialah dengan menggunakan menu daftar pengiriman yang telah tersedia di beranda website resminya seperti poin poin di atas.

Kemudian untuk pilihan kedua yaitu dengan menggunakan user login. Temukan menu yang berada pada sudut kanan beranda web untuk masuk sebagai pengguna.

Gunakan username dan password yang sudah dimiliki saat mendaftar selanjutnya klik masuk dengan akun dapodik dan jika sudah masuk akan bisa melihat dan menggunakan data yang ada untuk dilakukan sinkronisasi.

Bagi semua penyelenggaraan program PAUD baik lembaga maupun perorangan harus sudah memperoleh ijin pendirian dari Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota dan instansi lain yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah setempat.

Untuk masa berlakunya ijin penyelenggaraan PAUD yaitu 3 tahun terhitung sejak tanggal diterbitkannya SK, atau disesuaikan dengan kebijakan seperti yang telah ditetapkan oleh dinas terkait.

Dan dalam hal ini masing-masing Dinas kabupaten maupun kota pada umumnya memiliki kebijakan sendiri yang di atur dalam otonomi daerah.

Administrasi yang diperlukan untuk pengelolaan tenaga pendidik, yaitu:

Pertama ialah pada administrasi kepegawaian yang meliputi:

  • Curriculum Vitae
  • Ijazah
  • KK
  • Riwayat Kesehatan

Sedangkan untuk administrasi kelembagaan meliputi:

  • Daftar hadir staff
  • Data staff
  • SK Mengajar
  • Form tugas keluar
  • Form permohonan ijin
  • Daftar penerimaan gaji
  • Form evaluasi staff secara berkala

Pendidik PAUD yang berperan menjadi sumber belajar adalah salah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan program PAUD karena dalam hal ini pendidik tentunya akan selalu terlibat langsung dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan proses pembelajaran.

Telah di atur dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 1 ayat (6) yang menyebutkan bahwa pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan.

Pengelolaan peserta didik merupakan suatu penataan dan pengaturan dalam hal hal yang termasuk aktivitas yang berkaitan langsung dengan peserta didik, di mulai dari peserta baru masuk hingga mereka keluar dari lembaga pendidikan tersebut.

Dengan demikian pentingnya pengelolaan peserta didik tidak hanya dalam bentuk pencatatan atau pengelolaan data peserta didik saja, akan tetapi harus mencakup seluruh aspek yang lebih luas.

Artikel Menarik

Agar suara bagus karaoke smule

Agar Suara Bagus Di Smule Bagi Yang Hoby Bernyanyi

Hoby bernyanyi karaoke di smule dan agar suara bisa bagus ketika sudah direkam, maka ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *