Home / Traveling / Memancing Ikan Gabus Sungai Kuala Pembuang Kalimantan Tengah
Wisata Alam Kuala Pembuang

Memancing Ikan Gabus Sungai Kuala Pembuang Kalimantan Tengah

Ikan gabus merupakan jenis ikan predator yang banyak hidup di sungai dan rawa. Memancing jenis ikan yang satu ini membawa keseruan tersendiri karena begitu agresif ketika umpan sudah disambar dan tarikannya pun sangat dahsyat untuk ukuran ikan air tawar.

Menyusuri anak sungai Kuala Pembuang di Kalimantan Tengah sambil menikmati panorama alam yang begitu memukau semakin menambah semangat team pemancing lokal yang menjadikan tempat ini sebagai agenda mengisi libur kerja.

Berada di kabupaten Seruyan merupakan salah satu kabupaten termuda di Kalimantan Tengah. Kabupaten yang beribukota di Kuala Pembuang ini resmi menjadi kabupaten pada tahun 2002.

Dulunya kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hatantiring ini hanyalah kota kecamatan yang berada di bawah pemerintah daerah kabupaten Kotawaringin Timur.

Kuala Pembuang berjarak sekitar 383 Km dari kota Palangka Raya jika melalui jalan darat.

Jika kita dari arah Sampit,  sebelum memasuki kota ini terlebih dahulu kita akan melewati jembatan yang diberi nama Jembatan Ir.Soekarno. Jembatan ini bisa dikatakan salah satu landmark dari kota Kuala Pembuang.

Panorama alam sungai Kuala Pembuang

Memancing ikan gabus kuala pembuang
Image by: Nasir

Perjalanan menuju spot pemancingan sungguh menantang dengan menumpang sebuah perahu sampan kecil sarat penumpang yang saling berhimpit namun tetap semangat tanpa rasa takut ataupun khawatir karena mereka sudah terbiasa.

Pulau Kalimantan memang sudah identik dengan sungai yang besar dan panjang, oleh sebab itu menjadi daya tarik tersendiri ketika mejelajahi negeri yang terkenal dengan suku dayaknya ini.

Bagi seorang traveler yang suka dengan petualangan menantang, berkunjung ke Kalimantan adalah salah satu agenda wisata yang pantas untuk dimasukkan dalam daftar perjalanan.

Ikan pipih sebagai salah satu ikan khas dari Kalimantan

Memancing DI Kuala Pembuang
Image by: Nasir

Selain ikan gabus, masih banyak terdapat jenis ikan air tawar lainnya seperti sepat siam, papuyu, dan ikan pipih yang menghuni sungai Kuala Pembuang.

Mendapatkan julukan ikan seribu tulang itu lah sebutan bagi ikan pipih yang menghuni perairan sungai kalimantan termasuk kalimantan tengah.

Ikan pipih ini sering dijadikan camilan khas kalimantan tengah yaitu dengan dibuat kerupuk ikan pipih. Selain kerupuk ikan pipih, daging dari ikan pipih ini sendiri sering dijadikan sebagai pentol serta olahan kuliner lainnya.

Artikel Menarik

Wisata Kuliner Khas Surabaya

3 Tempat Wisata Kuliner Khas Surabaya Yang Ramai Pengunjungnya

Kota besar yang dijuluki sebagai kota pahlawan ini saat ini berkembang pesat menjadi kota industri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *