Home / Intermezzo / Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel dan Indosat Langsung Dari Handphone
Merubah Data Diri SimCard Simpati Indosat

Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel dan Indosat Langsung Dari Handphone

Cara merubah atau memperbaiki data diri kartu operator seluler Telkomsel dan Indosat bisa dilakukan tanpa harus pergi ke galeri atau dapat secara lagsung melalui perangkat handphone.

Tentunya hal ini cukup memberikan kemudahan bagi pengguna yang tidak mau repot dengan urusan bertemu dengan customer service yang terkadang juga belum tentu menyenangkan.

Memperbaiki data diri yang tersimpan dalam system kartu telepon sesuai dengan dokumen asli adalah tindakan penting apabila ada permasalahan mengenai kartu hilang dan kita menginginkan nomor yang sama kembali.

Sehingga ketika hendak mengajukan kartu telkomsel atau indosat yang baru hanya membutuhkan data yang sesuai kemudian mengkonfirmasinya pada galeri yang bersangkutan.

Cara melakukan perubahan data pribadi pada kartu simcard Telkomsel dan Indosat

Cukup mudah pada kartu milik oprator seluler Telkomsel yang mana sudah tersedia pada menu layanan dan selalu otomatis terinstal pada perangkat handphone.

Sedangkan untuk operator Indosat perlu dilakukan pengiriman SMS sebagai langkah konfirmasinya.

#1 Pengaturan pada simcard Telkomsel

Inilah fungsi yang jarang diketahui oleh para pengguna kartu telkomsel yaitu mengenai menu layanan asli bawaan dari operator yang biasanya bernama T-Sel Menu.

Tidak perlu melakukan instalasi manual karena fitur ini akan secara otomatis muncul ketika kartu mulai dipasang pada perangkat telepon.

Hanya saja kadang berbeda nama tampilan pada jenis jenis smartphone tertentu ada yang T-sel Menu ada pula yang SIM Toolkit namun ikon standartnya cukup mudah dikenali.

Langkah langkah cara melakukan perubahan datanya adalah sebagai berikut:

  • Buka Menu Telkomsel (T-Sel Menu / SIM Toolkit)
  • Piih Registrasi Kartu
  • Pilih Perubahan Data
  • Masukan data sesuai KTP
  • Selesai.

Selanjutnya setelah semua data benar dipastikan telah dirubah sesuai dokumen yang diperlukan, maka pesan konfirmasi akan dikirim sebagai tanda bahwa telah terjadi perubahan pemilik baru untuk nomor operator telkomsel tersebut.

Pemeriksaan ulang juga dapat dilakukan sebagai tahap untuk memastikan apakah proses perubahan data sudah berhasil adalah dengan mengirimkan SMS dengan format DAFTAR kemudian di kirim ke nomor 4444 sampai mendapatkan balasan dari operator.

#2 Perubahan data pada simcard Indosat

Melakukan perubahan data pribadi pada kartu Indosat tanpa harus melalui galeri adalah dengan cara SMS operator yaitu:

  • Ketik SMS dengan format: No.KTP#NAMA#ALAMAT#TEMPAT LAHIR#TANGGAL LAHIR (contoh: 111106094372#ELISA#SIDOSERMO#SURABAYA#10071987
  • Kirim ke 4444
  • Tunggu balasan konfirmasi. Selesai.

Tunggu balasan dari operator sebagai tanda konfirmasi bahwa langkah perubahan yang dilakukan telah berhasil.

Sedikit tambahan bagi yang ingin melakukan perubahan data melalui kantor atau galeri operator seluler, pemilik kartu akan dikenakan biaya administrasi materai sebesar 6ribu rupiah pada surat pernyataan yang di tandatangani pemohon kartu baru.

Mungkin saja ada kebijakan yang berbeda antara operator satu dengan yang lainnya yang ditetapkan pada galeri masing masing namun alangkah baiknya jika dapat melakukan perubahan sendiri melalui menu layanan operator secara langsung.

Peraturan Baru: Aktivasi Kartu SIM Prabayar Wajib Pakai KTP dan KK

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memperketat proses aktivasi kartu SIM prabayar milik operator telekomunikasi. Pelanggan baru maupun lama wajib mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan nomor kartu keluarga ( KK) miliknya.

Data NIK dan nomor KK yang dicantumkan dalam proses aktivasi tersebut nantinya akan dicocokkan dengan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil), sehingga pengguna tidak bisa lagi sembarangan memasukkan nomor.

Pendaftaran NIK dan KK bisa dilakukan oleh pelanggan sendiri setelah membeli kartu prabayar. Atau bisa juga dilakukan melalui gerai operator masing-masing.

Untuk pendaftaran yang dilakukan sendiri, pengguna bakal dibatasi hanya bisa mendatarkan tiga nomor prabayar dari satu operator seluler. Sedangkan pendaftaran melalui gerai masing-masing operator, tidak dibatasi jumlahnya.

Sementara itu, bagi pengguna lama, diharuskan untuk mendaftar ulang. Sistem nantinya akan mengirimkan notifikasi. Saat sudah mendapatkan notifikasi, pengguna diharuskan untuk memasukkan nomor KTP dan KK.

Update: Pelanggan lama bisa melakukan pendaftaran ulang dengan batas waktu hingga 28 Februari 2018.

Pendaftaran sudah tidak bisa menggunakan data KTP dan KK palsu

Dirjen Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrullah telah mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan bahwa pelanggan nantinya tidak bisa lagi menggunakan NIK atau nomor KK palsu untuk melakukan registrasi atau mengaktifkan nomor prabayar.

Ketentuan ini diperkuat setelah dukcapil telah memberi akses database kepada operator, sehingga nantinya bisa dipakai untuk sinkronisasi atau mencocokkan NIK dan nomor KK yang didaftarkan pelanggan supaya tidak sembarangan memakai data palsu atau acak.

One comment

  1. sabung ayam online

    Wah Mantap Banget keep posting yah Mas… numpang mampir nawarin produk yah… bagi yg suka ngebet ataaupun main game online dapat mampir ke web kita yah di id303 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *