Home / Bisnis / Peluang Bisnis Dan Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil
Peluang-Bisnis-Usaha-Rumahan-Modal-Kecil

Peluang Bisnis Dan Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Mencari peluang bisnis dan membuka usaha rumahan bagi yang memiliki modal kecil memang memerlukan sebuah analisa yang cukup rinci, karena pada dasarnya jenis usaha seperti ini dapat dimulai dari sklala kecil dengan target yang tepat.

Ide serta gagasan memulai bisnis dan usaha rumahan dapat di ibaratkan mencari sebuah celah kecil yang mana disana terdapat sesuatu yang sangat berharga dan belum ada orang lain yang menemukannya.

Dari sini kita dituntut agar lebih cermat dalam mengamati situasi dari lingkungan sekitar terlebih dahulu sebelum berupaya untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar.

Dengan memainkan sejumlah modal bernilai kecil, tidak serta merta kita akan kehilangan kesempatan untuk bisa memperoleh keuntungan besar jika kita mampu menemukan sebuah target yang istimewa.

Analisa singkat sebelum menentukan jenis bisnis atau usaha rumahan

Ada beberapa hal yang sepatutnya dilakukan sebelum kita membuat keputusan tentang jenis usaha kecil apa yang akan dijalankan dari lingkungan rumah.

  • Memahami market atau pasar
  • Sumber modal usaha
  • Target yang akan di capai

#1 Memahami market dan pasar konsumen

Ini poin pertama yang memberikan sebuah peluang dalam menentukan jenis bisnis atau usaha apa yang akan kita rintis.

Segala bentuk upaya yang akan dikerjakan nantinya baik jenis usaha offline ataupun bisnis online harus tertuju pada minat konsumen terhadap jenis produk atau jasa yang kita tawarkan.

Jangan sampai kita salah memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen dengan tingkat ekonomi yang sudah kita ketahui dari oengamatan sehari hari.

Sebagai contoh seandainya hendak membuka usaha rumahan di lingkungan ekonomi menengah ke bawah, tentunya berjualan kue gorengan akan lebih menjanjikan dari pada berjualan burger atau pizza.

#2 Sumber modal usaha

Berikutnya harus dapat memperlakukan modal usaha yang ada dengan baik dan tepat sesuai program.

Setidaknya apapun jenis bisnis yang akan diterjuni pasti memerlukan sejumlah nilai uang atau dana sebagai modal awalnya.

Situasinya juga sudah tentu akan berbeda jika memulai sebuah usaha dengan modal milik pribadi dibandingkan dengan modal yang bersumber dari dana pinjaman.

Untuk itu kelola modal dengan cermat dan teliti dan pastikan tetap terjadi putaran atau siklus yang baik selama usaha tersebut dijalankan nantinya.

#3 Target yang akan dicapai

Sebagai final dari analisa ini adalah menentukan target yang ingin dicapai dari bisnis atau usaha tersebut dengan target minimum terlebih dahulu.

Mengambil keputusan merintis sebuah usaha rumahan atau bahkan kerja sampingan dengan dukungan nilai modal yang minim, maka sebaiknya juga dapat memahami seberapa besar keuntungan yang hendak di raih kemudian.

Tidak ada salahnya jika langsung menargetkan keuntungan besar dengan catatan kita sudah tahu betul akan prospek pasar dan minat konsumen terhadap produk barang atau jasa yang kita tawarkan.

5 contoh ide bisnis usaha rumahan dengan modal kecil

Setelah memiliki catatan tentang analisa awal, selanjutnya kita dapat mengambil keputusan jenis usaha apa yang lebih sesuai, dan tentunya dapat dengan mudah pula dijalankan.

Berikut ini beberapa contoh jenis peluang usaha rumahan yang sekiranya dapat kita mulai dengan modal kecil namun berpeluang mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan.

#1 Bisnis jajanan atau kue

Peluang bisnis yang satu ini bisa dikategorikan jenis usaha kecil namun juga tidak menutup kemungkinan akan bisa menjadi sebuah usaha besar nantinya.

Memulai dengan keterbatasan modal hendaknya juga memperhatikan terlebih dahulu pada target pemasaran yang tepat sasaran agar produk yang dihasilkan dapat diserap oleh konsumen secara maksimal.

Pada langkah awalnya bisa dengan menjajakan kue kue murah dengan harga terjangkau oleh lingkungan sekitar namun memiliki nilai lebih dibandingkan dengan yang sudah pernah ada dipasaran.

Metode pemasaran awal atau dalam masa promosi bisa dengan cara menitipkan jajanan ke toko atau warung warung dengan system titip dan bayar yang sudah terjual saja.

Jika memang produk tersebut sudah memiliki konsumen tetap, diminati, dan dicari oleh pelanggan, maka otomatis toko atau warung justru akan memesan lebih, bahkan sanggup untuk memberikan uang muka agar dikirim dagangannya.

Usaha rumahan seperti produksi jajanan dan kue bisa dikerjakan oleh anggota keluarga jika masih dalam masa merintis.

Setidaknya dari nilai modal yang digunakan untuk operasional perhari, sudah dapat mencapai target minimal kembali modal ditambah keuntungan dapat memenuhi kebutuhan pokok rumahtangga  sehari hari.

Artikel Menarik

Usaha Kecil Bidang Kuliner

Jenis Bisnis UKM Kuliner Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM adalah salah satu jenis usaha kecil menjanjikan dan cukup memiliki prospek keuntungan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *