Home / Bisnis / 3 Peluang Usaha Yang Potensial dan Menjanjikan Di Kampung Desa
Peluang usaha di kampung atau desa

3 Peluang Usaha Yang Potensial dan Menjanjikan Di Kampung Desa

Menemukan peluang bisnis dan usaha yang sangat potensial serta menjanjikan bagi masyarakat di kampung atau desa bukan persoalan yang sulit karena saat ini apapun bisa jadi sumber penghasilan apabila anda memiliki kreatifitas yang tinggi dan mampu menganalisa peluang yang ada.

Tinggal di wilayah perkampungan atau desa sebenarnya bukan menjadi hambatan untuk bisa menemukan peluang bisnis yang dapat memberikan penghasilan.

Jika anda cermat, maka kesempatan meraih sukses itu bisa ada dimana saja dan tidak ada yang bisa menghalangi kecuali jika anda sudah menyerah tanpa mencobanya terlebih dahulu.

Contoh peluang bisnis dan usaha di kampung dan pedesaan

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis peluang bisnis dan usaha yang paling cocok dijalankan bagi yang tinggal di wilayah kampung dan desa sebagai bahan inspirasi anda.

#1 Peluang usaha bidang pertanian dan peternakan

Sudah jelas bahwa wilayah perkampungan dan desa tentu banyak tersedia lahan yang luas sehingga peluang usaha bidang pertanian dan peternakan sangat potensial dan bisa dibilang paling ideal.

2 contoh usaha bidang pertanian dan peternakan berikut ini adalah yang paling tepat pada lahan yang luas:

  • Budidaya ikan. Dengan kolam beton ataupun kolam terpal, budidaya ikan terbilang sangat potensial karena kebutuhan konsumen tidak akan pernah ada berhentinya.

Untuk memenuhi pasokan konsumsi, banyak sekali jenis ikan yang di budidayakan mulai dari gurami, patin, lele serta belut merupakan komoditas yang paling laris.

  • Bertanam sayuran dan buah-buahan. Pada sektor pertanian sudah jelas akan lebih cocok untuk dikembangkan dilokasi pedesaan. Distribusi hasil pertanian yang meliputi sayur dan buah merupakan komoditi paling besar dan selalu berpusat dipasar induk setiap kota yang merupakan hasil pertanian dari kampung setempat.

Jika dikalkulasi, bertanam sayuran akan lebih cepat menghasilkan karena masa panen yang lebih singkat dari pada jenis tanaman buah ataupun hasil pertanian lainnya.

Simak juga artikel tentang peluang bisnis dan usaha 2017 yang menjanjikan serta artikel menarik lainnya tentang cara meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis.

#2 Peluang usaha niaga (dagang)

Pada sektor jual beli atau perdagangan juga cukup berpeluang menghasilkan meskipun anda tinggal diwilayah perkampungan khususnya jenis komoditas hasil pertanian atau kebutuhan penunjangnya.

Contoh usaha dan bisnis dibidang niaga yang cocok dijalankan dikampung atau desa diantaranya adalah:

  • Toko pertanian dan peternakan. Jika memiliki lapak serta modal usaha yang mencukupi, membuka toko pertanian serta toko kebutuhan peternakan memang sangat menjanjikan.

Berada pada kawasan yang dominan adalah masyarakat yang bekerja sebagai petani, maka potensi yang akan dihasilkan dari membuka toko pertanian merupakan pilihan yang paling tepat.

Dengan menyediakan beragam kebutuhan petani meliputi pupuk, benih, obat hama serta perkakas pertanian, maka sudah jelas tidak ada barang dagangan anda yang tidak akan terjual asalkan dengan harga yang wajar.

Demikian pula bagi yang menjalankan usaha peternakan, maka kebutuhan akan pakan, obat, serta media beternak lainnya juga akan melibatkan toko yang menyediakan keperluan mereka.

  • Pengepul panen ternak dan hasil pertanian. Bentuk usaha niaga lainnya adalah sebagi pemborong, pembeli atau pengepul hasil pertanian dan peternakan yang kemudian anda bawa kepada pedagan yang lebih besar di tempat lain.

Menjadi seorang pengepul biasanya harus menyediakan modal usaha yang besar untuk memberikan uang tanda jadi kepada petani dan peternak meskipun hasil panen mereka belum diserahkan agar tidak keburu di ambil oleh pembeli lain.

#3 Peluang bisnis di bidang jasa

Usaha jasa juga tidak luput untuk bisa dibidik meskipun anda berada diwilayah kampung dan desa.

Adapun beberapa jenis peluang bisnis jasa yang paling ideal untuk dijalankan diwilayah kampung tentu saja masih erat kaitannya dengan sektor pertanian dan peternakan:

  • Jasa menyewakan mesin pertanian. Saat ini pengolahan tanah juga pemanenan sudah cukup maju dengan menggunakan mesin traktor sehingga memiliki perkakas pertanian ini cukup potensial sebagai sarana mendapatkan penghasilan.

Beberapa jenis mesin pertanian yang sudah banyak ditemui dan seringkali menjadi sarana para petani untuk membantu kerjanya adalah:

  1. Traktor membajak sawah
  2. Mesin pemanen padi
  3. Mesin gilingan jagung dan padi
  4. Pemotong kayu dll.
  5. Mobil angkut (pick-up & truk)

Untuk memiliki unit mesin pertanian memang membutuhkan anggaran dana yang tidak kecil, namun jika job atau peluang yang ada cukup besar maka tidak ada salahnya anda berspekulasi untuk membelinya dengan cara kredit.

Artikel Menarik

Usaha Kecil Bidang Kuliner

Jenis Bisnis UKM Kuliner Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM adalah salah satu jenis usaha kecil menjanjikan dan cukup memiliki prospek keuntungan yang …

One comment

  1. EKSPEDISI MURAH SURABAYA BANJARMASIN

    terimakasih atas info yg sangat bermanfaat
    mungkin bisa bantu bagi tips gimana caranya usaha yg sudah dirintis tetap bisa eksis dan puya daya saing di dunia usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *