Home / Bisnis / 10 Macam Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan
Peluang usaha dan bisnis di bulan ramadhan (puasa) yang menjanjikan

10 Macam Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

Saat tiba bulan suci ramadhan selain penuh berkah bagi umat muslim tentunya juga memberikan peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk mereka yang memiliki bakat bisnis dan ini sudah menjadi tradisi musiman setiap tahunnya.

Mereka biasanya tancap gas untuk membuka sebuah usaha dadakan demi mendapatkan keuntungan yang berlipat. Hal ini memanglah bukan hal baru lagi khususnya bagi masyarakat Indonesia. Mereka terlalu kreatif dalam memanfaatkan sebuah peuang usaha.

Misalnya saja berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa ataupun takjil yang manis manis. Karena biasanya orang orang yang puasa lebih suka untuk berbuka dengan makanan yang manis. Maka usaha seperti ini bukan tidak mungkin akan menghasilkan pendapatan yang berlipat.

Peluang bisnis apa saja yang paling laris di bulan suci ramadhan?

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang biasanya dilakukan di dalam bulan ramadhan untuk menambah  pundi pundi rupiah mereka untuk ongkos pulang kampung bagi yang tinggal diperantauan. Yuk mari simak ulasannya berikut ini.

#1 Jualan kurma sudah menjad tradisi setiap bulan puasa

Dengan menjual kurma di bulan ramadhan tidak mustahil anda akan mendapatkan potensi keuntungan yang cukup besar.

Karena sepertinya tidak ada orang yang tidak mengenal kurma. Makanan manis ini sangatlah digemari oleh banyak orang karena cukup mengenyangkan jika kita memakannya. Buah  ini tidak hanya populer di daerah Timur Tengah saj amelainkan di Asia Tenggara pun juga sudah cukup terkenal.

Selain itu buah ini terbilang tahan lama jika dibandingkan dengan buah buahan yang lain, sehingga bagi anda yang ingin menjualnya maka tidak perlu khawatir akan busuk. Karena pemrosesannya dilakukan dengan system yang cukup canggih dan kemasannya pun cukup professional.

#2 Jualan aneka sajian minuman manis untuk berbuka

Ketika ingin berbuka puasa biasanya sesuatu yang paling dicari adalah minuman. Mereka biasanya membutuhkan minuman yang manis manis untuk menghilangkan dahaga mereka. Misalnya saja es campur, sop buah, es teh manis, ataupun sirup.

#3 Jualan pakaian khususnya baju muslim

Ketika sudah memasuki bulan ramadhan maka hari raya pun pastinya juga tidak akan lama lagi. Nah, jika sudah seperti ini maka mereka akan berbondong bondong untuk pergi membeli berbagai jenis pakaian untuk mereka pakai saat hari raya. Maka bisnis seperti jika dilakukan pada bulan ramadhan tentunya akan sangat menguntungkan bukan?

Khususnya jenis busana muslim untuk wanita dan baju koko untuk pria sudah tentu akan laris manis dan menjadi usaha paling menguntungkan saat bulan puasa.

Mulai dari sekarang anda bisa mencari tahu jenis pakaian apa saja yang mungkin akan menjadi trend di hari raya tahun ini, dan mulailah untuk mencari supplier pakaian murah yang cukup berkualitas.

#4 Jualan makanan cemilan dan manisan

Selain minuman yang manis biasanya orang orang yang berpuasa akan mencari camilan yang manis untuk bisa melegakan rasa dahaga mereka. Misalnya saja manisan. Karena mereka lebih suka memakan sesuatu yang ringan sebelum mereka makan nasi

Sebaiknya jika anda ingin menjual manisan maka sebaiknya pilihlah buah buahan yang segar seperti halnya nanas, jeruk, mangga dan lain sebagainya. Selain melegakan manisan juga bisa menambah stamina tubuh anda sehingga anda tidak akan merasa lemas lagi ketika berpuasa.

#5 Jualan kain sarung dan perlengkapan ibadah lainnya

Nah, kalau benda yang satu ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, apalagi ketika lebaran pasti banyak sekali dicari.

Ya karena kebiasaan orang orang Indonesia yang sangat suka menggunakan sarung apalagi dalam urusan ibadah khususnya kaum pria. Ketika anda memutuskan untuk membangun usaha ini maka sebaiknya anda memilih sarung yang berkualitas dan harga bisa disandingkan dengan jenis jenis sarung yang lain.

#6 Jualan nastar dan kue lebaran

Mungkin agak sedikit aneh ya jika pada bulan ramadhan anda menjual kue nastar. Ini enggak aneh kok. Kue ini biasanya akan mengalami peningkatan yang cukup pesat ketika hampir mendekati hari raya.

Karena kue ini biasanya menjadi hal yang wajib ketika lebaran. Sebenarnya pembuatan kue ini cukup mudah kok. Apalagi jika anda bisa membuatnya sendiri, wah pasti itu akan lebih menguntungkan bagi anda. Siapa tahu usaha anda ini tidak hanya dikenal di daerah anda saja melainkan seluruh Indonesia bisa mengenal kue anda.

#7 Jualan kebutuhan dan perlengkapan kendaraan

Nah, kalau benda yang satu ini mungkin sangat diperlukan ya saat musim mudik lebaran. Apalagi yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi.

Alangkah baiknya sebelum anda berangkat mudik, jauh jauh hari check terlebih dahulu kondisi kendaraan anda.

Dan sebaiknya gantilah perlengkapan yang sekiranya sudah using, karena jika anda biarkan justru akan mengganggu dan membahayakan perjalanan anda.

Pastinya hal ini sangatlah tidak anda inginkan bukan?. Apalagi anda membawa serta keluarga anda.  Satu lagi jangan sampai lupa yakni siapkanlah perlengkapan perlengkapan tambahan yang sekiranya sewaktu waktu anda butuhkan.

#8 Jualan handphone dan gadget biasanya meningkat dibulan ramadhan

Barang yang satu ini memang cukup banyak dicari ketika musim lebaran tiba, karena biasanya orang orang ingin memiliki penampilan yang berbeda ketika hari raya.

Saat ini memang orang orang Indonesia memang tiada bedanya dengan orang barat sangat suka sekali gonta ganti gadget walaupun milik mereka sebelumnya masih cukup bagus dan layak untuk dipakai.

Mungkin karena setiap tahun ada keluaran gadget terbaru dengan tipe tipe baru serta dilengkapi dengan fitur fitur yang canggih juga pastinya. Karena ini mereka tertarik untuk membelinya.

Dengan adanya peristiwa seperti ini tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuka usaha gadget. Yang penting anda tahu pasarnya. Jangan hanya menjual saja tetapi anda tidak tahu akan menjualnya kepada siapa. Ini benar benar kesalahan yang fatal

#9 Jualan souvenir untuk oleh oleh keluarga

Kalau untuk barang yang satu ini pastinya yang lebih suka adalah orang orang di kampung karena mereka akan dibawakan buah tangan oleh keluarga mereka.

Janganlah melihat harganya kalau soal yang satu ini tapi niatnya untuk saling menghargai dan menghormati serta menjaga hubungan persaudaraaan mereka.

Nah, kalau sudah tahu seperti ini maka tidak salahnya jika anda ingin membuka usaha souvenir. Karena ini merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan saat bulan ramadhan. Jadi kalau ingin mencoba silahkan saja.

Baca juga ulasan terkait mengenai jenis bisnis UKM kuliner yang sangat menguntungkan serta artikel menarik lainnya tentang peluang usaha yang potensial di desa.

Artikel Menarik

Usaha Kecil Bidang Kuliner

Jenis Bisnis UKM Kuliner Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM adalah salah satu jenis usaha kecil menjanjikan dan cukup memiliki prospek keuntungan yang …

One comment

  1. yang ini paling rame Jualan aneka sajian minuman manis untuk berbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *