Home / Bisnis / Jenis Usaha Kecil Yang Menguntungkan Cocok Untuk Pemula
Contoh-Jenis-Usaha-Kecil-Menguntungkan

Jenis Usaha Kecil Yang Menguntungkan Cocok Untuk Pemula

Beberapa contoh jenis usaha kecil yang akan kita bahas kali ini adalah sebagai inspirasi dan sumber referensi dengan membawa harapan agar dapat membantu permasalahan ekonomi masyarakat.

Kendala yang paling sering dihadapi ketika akan membangun sebuah bisnis adalah sulitnya menentukan jenis atau peluang usaha apa yang nantinya bisa menguntungkan.

Selain itu, faktor masalah ketersediaan modal usaha juga masih menjadikan masyarakat begitu sulit untuk memulai langkah merintis usaha kecil yang akan dijalaninya.

Ragam bentuk usaha kecil dalam 3 kategori

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang berbagai contoh jenis usaha skala kecil maka dengan mengetahui 3 kategori ini akan memudahkan kita dalam menentukan pilihan.

#1 Industri Jasa

Direktori Industri  Jasa berisi daftar jenis usaha yang bergerak di bidang jasa seperti:

  • Usaha service electronic
  • Jasa pengetikan atau percetakan
  • Usaha laundry
  • Jasa ojek dll.

#2 Industri Kecil

Direktori Industri  Kecil berisi daftar bentuk usaha yang bergerak di bidang industri rumahan atau industri berskala kecil yang meliputi.

  • Usaha kuliner (makanan ringan)
  • UKM
  • Perdagangan

#3 Industri Kreatif

Direktori Industri Kreatif berisi daftar jenis usaha yang bergerak di bidang:

  • Arsitektur
  • Design Grafis
  • Fashion
  • Barang Seni
  • Multimedia

Selain dari ketiga kategori di atas, jenis peluang usaha saat ini masih dikelompokkan lagi menjadi dua macam yaitu bisnis online dan bisnis offline.

Bahkan jenis bisnis online dalam beberapa tahun terakhir ini merupakan sebuah trend yang banyak diincar oleh para pelaku bisnis.

Bukan saja untuk para ahli IT, peluang bisnis online sudah menjadi target untuk semua kalangan mulai pelajar, mahasiswa hingga masyarakat yang sebenarnya masih memiliki pengetahuan minim tentang dunia internet.

Karena begitu menjanjikan, tidak jarang juga para karyawan kantor ataupun karyawan perusahaan yang sudah memiliki penghasilan tetap, namun juga masih menyasar peluang usaha ini sebagai kerja sampingan.

8 contoh jenis usaha kecil yang menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa contoh bentuk usaha kecil menengah yang dapat dijadikan sumber inspirasi dan tentunya bisa dicoba untuk mengejar peruntungan.

Bisnis kecil bidang jasa

Usaha-Kecil-Bidang-Jasa

 #1 Percetakan dan printing kecil kecilan

Ini bisa juga masuk dalam jenis usaha rumahan jika hanya di lakukan dalam skala kecil dan dikerjakan di rumah bersama keluarga saja.

Membuka usaha percetakan atau printing, pengetikan dan sejenisnya saat ini sangat berpeluang bisa mendatangkan penghasilan sebab sudah banyak masyarakat yang mulai akrab dengan teknologi digital.

Contoh sederhana saja, ketika dulu banyak orang menggunakan jasa sablon untuk mencetak undangan, maka sekarang ini sudah banyak yang beralih ke printing.

Berbagai macam baliho, pamflet, selebaran atau poster yang dulu juga memakai teknik sablon, sekarang sudah di kuasai oleh media banner printing.

Begitu juga dengan urusan surat menyurat seperti lamaran kerja saja sudah jarang yang menggunakan tulisan tangan sehingga tidak jarang mereka lebih memilih menyerahkan urusan ini ke jasa pengetikan.

Jik terkendala masalah modal untuk peralatan kerja, maka kamu bisa memulainya dengan hanya menjadi penerima pesanan yang selanjutnya bisa melemparkan orderan ke perusahaan printing yang sudah kamu negosiasi.

#2 Service Electronik

Perangkat elektronic sudah menjadi teman hidup manusia jaman sekarang ini untuk membantu segala aktifitasnya.

Sementara masyarakat kita masih belum disamakan dengan negara maju lainnya yang mana perangkat electronik dinegara maju kebanyakan hanya digunakan sampai rusak dan buang.

Sedangkan untuk kita tentunya masih mencari solusi untuk memperbaikinya jika dirasa biaya perbaikan atau service tidak semahal dibandingkan beli alat electonik baru.

Dengan demikian peluang usaha service electronic masih cukup menjanjikan jika kamu bisa menerjuninya.

Sebagai contoh jasa servis handphone, bagi seorang pemula yang belum memiliki pengalaman bisa mengikuti pelatihan singkat.

Banyak sekali dibuka tempat kursus service handphone dengan biaya murah dan dalam 2 bulan pertemuan dijamin sudah mampu memperbaiki segala permasalahan teknis telephone seluler.

Peluang usaha bidang industri kecil

Usaha Kecil Bidang Kuliner

#1 Jualan makanan atau minuman ringan

Jangan pernah menganggap remeh penghasilan seorang penjual makanan dan minuman ringan yang tampaknya hanya memiliki sebuah kedai kecil.

Jika kamu bisa menemukan tempat yang sangat strategis dan dapat membaca peluang, maka jenis usaha kecil ini adalah spot yang sangat potensial.

Seperti contoh sederhana saja. Berjualan kue gorengan dan lokasinya dekat dengan sebuah perusahaan yang banyak memiliki karyawan, tentunya ini adalah peluang yang tidak sia sia untuk dibidik.

Setidaknya jenis usaha seperti ini bisa dimulai dengan modal kecil namun menjanjikan penghasilan yang menguntungkan.

Berjualan minuman seperti jus ataupun minuman aneka coklat berlokasi dekat dengan gedung sekolah, sudah pasti akan cukup mudah untuk memperoleh konsumen.

“Usaha kecil yang menguntungkan adalah berbekal modal minim namun tepat dengan target sasaran”

Di ibaratkan memancing dengan bermodalkan sebuah kail, namun di telaga kecil itu penuh sesak dengan ikan, sudah barang tentu kail kamu tidak akan pernah sia sia jika kamu tau pasti apa umpan yang tepat.

#2 Bisnis katering

Bisnis katering mungkin yang sering kita ketahui hanya menerima pesanan makanan.

Akan tetapi ternyata bisnis katering ini adalah Bisnis UKM yang sangat menjanjikan karena kita bisa bekerjasama dengan perusahaan.

Memang kita perlu membuat badan usaha milik kita, akan tetapi hal tersebut tidak terlalu sulit. Cara-cara pengurusan badan usaha bisa anda lihat di situs tentang pengurusan badan usaha.

Setelah mengurus izin pembuatan badan usaha, lakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan.

Biasanya karyawan mereka butuh sarapan di pagi hari dan makan siang. Dan beberapa perusahaan biasanya tidak ingin merepotkan karyawanya untuk hal mencari makan.

oleh karena itu mereka akan bekerjasama dengan perusahaan katering.

Tetapi jika anda merasa ini terlalu berat, bisa anda mulai dari yang paling ringan yaitu membuka warung sendiri, kemudian menerima pesanan katering.

Untuk promosinya gunakanlah berbagaimacam media baik offline seperti spanduk dan brosur atau Online melalui website dan iklan-iklan baik gratis atau berbayar. Iklan Online biasanya jauh lebih murah dibandingan iklan Offline.

#3 UKM (Usaha Kecil Menengah) bidang agribisnis

Agribisnis adalah Usaha yang berbasis kepada pertanian baik sektor hulu hingga sektor hilir.

Artinya usaha ini bergerak dalam koridor pertanian. Bisa penjualan bahan-bahan pertanian, hasil bumi dan lain sebagainya yang intinya berkaitan dengan hasil tani.

Tapi perlu di ingat juga bahwa agribisnis bukan hanya aspek tanaman tetapi juga hewan.

Jadi bagi anda yang memiliki hobi membuat ternak kambing dan sapi, itu juga termasuk agribisnis dan modalnya tidak terlalu mahal.

Mungkin kalau untuk modal Sapi memang agak mahal karena untuk anak sapi saja mungkin bisa kisaran harga Rp 7juta hingga 12juta tergantung jenisnya. Tetapi kalau kambing tentu lebih murah ataupun ternak kecil lainnya seperti kelinci, ayam, dan lain sebagainya.

Usaha kecil bidang industri kreatif

Bisnis-Kecil-Industri-Kreatif

#1 Arsitektur

Ini meliputi kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, dan pengawasan.

Konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (Town planning, urban design, landscape architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya: arsitektur taman, desain interior) dan masih banyak lagi.

#2 Desain grafis

Industri kreatif yang terkait dengan desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.

Adapun sub desain yang berkaitan dengan teknologi informasi yaitu desain grafis. Seperti yang kita ketahui, kunci utama dalam design grafis adalah mempunyai banyak ide dan mampu menguasai beberapa software-software design grafis seperti desktop publishing, webdesign, audiovisual dan rendering 3 Dimensi.

#3 Fashion

Yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fesyen, serta distribusi produk fesyen.

Peranan teknologi informasi dalam fashion lebih ditekankan dalam membantu pemasaran produk2 fashion.

Karena kebanyakan dari kita saat ini lebih sering membuka sesuatu informasi dari berita sampai berbelanja dari dunia maya.

Artikel Menarik

Usaha Kecil Bidang Kuliner

Jenis Bisnis UKM Kuliner Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis UKM adalah salah satu jenis usaha kecil menjanjikan dan cukup memiliki prospek keuntungan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *