Bisnis

Melirik Peluang Bisnis Makanan Warung Angkringan Modal Kecil

Bisnis di sektor kuliner memang tidak ada matinya, tidak terkecuali bisnis makanan angkringan. Meski dimulai dengan modal kecil, ada keuntungan besar yang bisa diperoleh. Sebenarnya apa sih warung angkringan itu?

Warung angkringan adalah konsep bisnis kuliner yang sederhana. Kesederhanaan tersebut terlihat dari jenis makanan yang disajikan dan harga makanan yang dibandrol sangat murah.

Oleh karenanya, sangat wajar bila warung angkringan banyak diburu khalayak umum mengingat harga yang dibandrol irit di kantong.

Jenis warung makan yang satu ini sudah banyak menjamur di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Namun, di kota-kota besar seperti Jakarta sekarang juga mulai terdapat warung angkringan terutama yang mulai buka di malam hari.

Awalnya warung angkringan lebih ditujukan untuk mahasiswa, karyawan, atau buruh dengan upah minim. Hal ini bisa dimaklumi mengingat porsi makanan dikemas kecil dengan harga yang dibandrol murah meriah.

Meskipun demikian, seiring perkembangannya sekarang warung angkringan tampil nyaman untuk bersantai semua kalangan sehingga bisa dibilang makanan angkringan benar-benar menjadi peluang usaha kecil yang menjanjikan.

Pertimbangan Membuka Warung Angkringan

Bisnis angkringan tidak membutuhkan modal besar. Hanya dengan modal awal 2-3 juta kiranya sudah cukup untuk membuka warung angkringan. Berikut ini ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum merintis warung angkringan bermodal kecil:

Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha yang strategis menjadi hal pertama yang mesti diupayakan. Semakin strategis suatu lokasi usaha tentu akan semakin baik demi keberlangsungan usaha kuliner angkringan Anda.

Anda bisa memilih lokasi dekat kampus, pasar, terminal, pemukiman padat penduduk, atau tempat umum lainnya.

Target Konsumen

Siapa target bisnis Anda sekiranya juga penting untuk dipikirkan. Bila Anda membuka warung angkringan di area dekat kampus, maka mahasiswa menjadi target utama.

Bangun suasana nyaman, makanan angkringan yang enak dan harga hemat sesuai selera serta kantong mahasiswa. Hal ini perlu demi keberlangsungan bisnis makanan angkringan yang dijalankan.

Rekrut Karyawan Cekatan

Bagi Anda yang cukup sibuk untuk menjalankan bisnis angkringan sendiri, tidak ada salahnya mempekerjakan karyawan.

Untuk satu warung angkringan sekiranya hanya perlu mempekerjakan 1-2 karyawan saja. Rekrut karyawan yang cekatan, ramah, dan sopan.

Berikan arahan dan motivasi agar karyawan dapat memberi pelayanan prima memuaskan. Pasalnya hanya dengan pelayanan yang baik pelanggan atau konsumen akan ketagihan untuk terus datang.

Fasilitas Pendukung

Bisnis apapun itu sebenarnya membutuhkan fasilitas pendukung. Meski hanya berupa warung angkringan, tidak ada salahnya menyediakan fasilitas pendukung seperlunya untuk menjamin kenyamanan pelanggan misalnya free Wifi.

Pastinya warung Anda akan padat pengunjung apalagi bila memang menyasar kalangan mahasiswa. Seperti yang diketahui, mahasiswa terutama kalangan muda sekarang ini seolah tidak bisa terlepas dari internet.

Selain itu, bisa juga Anda melengkapi fasilitas lainnya seperti kipas angin, radio, atau lainnya.

Harga Hemat Bersahabat

Siapa saja pastinya menyukai harga murah. Tidak terkecuali harga hemat yang ditawarkan warung angkringan. Seperti yang sudah disebut di awal, warung angkringan berkonsep sederhana yang menjual makanan harga murah.

Meski murah tetapi makanan harus terbilang sukses menggoyang lidah. Oleh karena itu, tawarkan makanan dan minuman harga ekonomis tanpa harus merugi.

Itulah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka bisnis warung angkringan. Rancang sematang mungkin rencana bisnis Anda dan segera jalankan. Karena rencana hanya akan menjadi wacana tanpa aksi nyata.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top